Menjual Tanah Warisan

Menjual tanah warisan sebenarnya sama dengan proses jual beli tanah biasanya, hanya saja, pada saat transaksi jual beli tersebut pihak penjual merupakan para AHLI WARIS yang berhak menerima waris atas tanah tersebut.

Menjual Tanah Warisan yang Belum Dibagi

Bahwa dalam hukum waris, tidak seorang pun dapat dihilangkan haknya sebagai ahli waris kecuali orang tersebut bersedia menolak warisan tersebut. Secara hukum, tanah warisan tidak dapat dijual sebelum dibagi kepada para ahli waris atau tanpa sepersetujuan ahli waris. Sehingga salah satu ahli waris tidak dapat mewakili ahli waris lainnya dalam melakukan jual beli kecuali para ahli waris telah sepakat untuk menunjuk salah satu ahli waris menjual dan membagi hasil penjualan atas tanah waris tersebut kepada mereka.

menjual tanah warisan

Menjual Tanah Warisan namun salah satu Ahli Waris Tidak Diketahui Keberadaannya

Apabila salah satu ahli waris tidak diketahui keberadaannya dan tidak memiliki anak atau keturunan, maka dibutuhkan penetapan dari Pengadilan setempat untuk menetapkan bahwa orang tersebut dinyatakan hilang / meninggal. Dalam hal ini Anda dapat memercayakan kepada Pengacara untuk mengurus segala hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan penetapan orang hilang dari Pengadilan setempat. Setelah Pengadilan setempat menetapkan bahwa ahli waris yang tidak diketahui keberadaannya tersebut hilang maka para ahli waris sisanya dapat melanjutkan perbuatan hukum atas tanah tersebut, yaitu melakukan transaksi jual beli.

Pengacara Terbaik untuk Mengurus Masalah Waris

A&A Law Office merupakan kantor hukum pengacara / konsultan hukum / lawyer yang professional dan ahli dalam menyelesaikan masalah hukum waris. Silahkan menghubungi kami pada tombol WhatsApp dibawah untuk mendapatkan layanan hukum terbaik di Indonesia.hubungi pengacara terbaik

Open chat
Konsultasi via Whatsapp